Merawat Jam Tangan Dengan Benar


Jam tangan merupakan sebuah aksesoris universal yang bayak digunakan oleh pria atau wanita di segala usia. Penggunaan jam tangan memang mulai bergeser dari yang awalnya sebagai penunjuk waktu sampai menjadi pelengkap penampilan. Perubahan stigma ini membuat banyak produsen jam tangan bermunculan dengan berbagai model dan inovasinya. Lantas apasih jan tangan yang berkualitas baik? Alexander Cristie? Cassio kah? atau Tag Heuer? Tentu tiga merek jam tangan tersebut merupakan beberapa merek jam tangan dengan kualitas yang baik. Tapi pada postingan saya kali ini, saya tidak akan membahas kualitas sebuah jam tangan dari berbagai merek tersebut, tetapi bagaimana cara perawatannya.

Pernahkah anda membeli jam tangan (baik yang ori maupun kw) kemudian ketika mengganti battery jam tangan anda tidak menyala lagi? Apa penyebabnya?
di bohongi penjualnya kah? (wkwkw, tentu bukan). Penyebab dari jam tangan yang tidak menyala ketika batterynya diganti adalah karena cell battery jam tangan anda sudah bocor. Battery jam tangan yang tidak dilepas ketika dayanya habis, dapat terjadi bocor karena suhu panas pada mesin jam tangan. Ciri-ciri dari bocornya battery ini bisanya dapat terlihat adanya karat atau cairan berwarna hijau di bagian bawah battery. Apalagi jika anda menggunakan battery merek ecek - ecek atau battery kw an ketika mengganti battery jam tangan anda, battery jenis akan lebih cepat bocor dari pada battery Sony original atau Maxwell.

Terus, bagaimana sih cara perawatan agar jam tangan tetap awet?, begini tips nya ...
  1. Gunakan Battery original. Untuk baterry pabrikan sony biasanya dapat dilihat dari packagingnya, packaging battery sony biasanya hanya ada satu battery dalam satu baris.
  2. Segera ganti atau lepas battery anda jika battery sudah habis danyanya.
  3. Hindari penggunaan battery kw, karena battery jenis ini besaran dayanya biasanya tidak stabil. Sangat tidak disaran kan menggunakan battery jenis ini untuk jam bermerek.
  4. Hindari jam masuk kedalam air. Walaupun jam tangan anda merupakan type water ressistant, saya sarankan untuk mengurangi kontak dengan air.
  5. Hindari jam tangan jatuh. Jatuh dari posisi yang cukup tinngi biasanya dapat mengubah posisi gear yang ada dalam mesin, bahkan dalam suatu kasus salah satu komponen dapat patah.

No comments:

Post a Comment