Pengalaman Bekerja Sebagai Staff Entry Data Process(Retail)


DATA -> PROCESSING


Staff EDP atau Entry Data Process merupakan sebuah divisi atau jabatan yang mungkin saja asing didengar oleh sebagian orang. Ketika mendengar formasi pekerjaan ini, tentu saja akan banyak pertanyaan yang muncul, seperti : apa sih EDP itu? kerjanya ngapain aja sih? kira kira berapa gajinya?

Nah, dalam postingan kali ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai apa itu staff EDP. Sebelumnya sebagai informasi, saya sampai saat postingan ini diterbitkan masih bekerja sebagai staff EDP di salah satu Toserba di daerah Brebes.

Langsung saja, jadi Staff EDP itu sebenarnya hampir sama dengan IT support, sedangkan Entry Data Process yang dimaksud adalah mengenai proses pengolahan data yang ada di perusahaan dari mulai input, proses, sampai output(biasanya berupa laporan). Tapi ketika mendaftar untuk posisi EDP ini sebaiknya jangan berpikir bahwa hanya itu saja yang akan kita kerjakan., karena sebenarnya tahapan input dan output itu sudah ada yang mengerjakan sendiri. Di tempat saya bekerja, input itu dikerjakan oleh MD(Merchandiser/buyer) dan output dikerjakan oleh bagian akunting, sedangkan posisi kita disini adalah sebagai support apabila ada staff lain yang kekurangan tenaga(karena banyaknya tugas) atau apabila ada kendala atau ketidaktahuan dalam penggunaan sistem. Sedangkan tugas utama kita itu sebenarnya adalah mengelola dan merawat sistem, server, jaringan, dan semua alat yang berhubungan dengan teknologi seperti printer, barcode reader, dll. Oh iya, yang perlu teman teman tahu, apabila di kantor anda tidak ada orang yang bertugas khusus di bagian desain, maka anda juga akan diminta untuk membuat desain ketika ada pembuatan banner, pamflet, atau sejenisnya.

Kemudian mengenai masalah gaji, pada umumnya gaji tergantung dari besar kecilnya perusahaan yang teman teman lamar, untuk perusahaan kelas lokal biasanya gajinya lebih besar dari umr, tapi tidak sampai dua kali lipatnya.

mungkin itu saja yang bisa saya bagikan mengenai posisi EDP ini, apabila ada yang ingin ditanyakan teman teman bisa tulis di kolom komentar atau bisa kirim melalui email.

No comments:

Post a Comment