Bootcamp di PT.XSIS MITRA UTAMA


Apa itu Bootcamp? Bootcamp adalah program pelatihan, yang dimulai dari nol, dan kemudian dilakukan evaluasi untuk penyaringan kandidat.
Jadi, program ini dapat juga disebut sebagai MT(Management Trainee)nya programmer.
Ada berapa macam Bootcamp di Xsis? Untuk saat ini Xsis menawarkan beberapa jenis Bootcamp, seperti Java, .Net, PHP, SAP, dan Oracle.
Kemudian, apa aja sih yang dilakukan selama bootcamp?
Bootcamp dimulai dari pukul 08.30-17.30, dan diwaktu tersebut peserta akan belajar tentang materi sesuai dengan kelas Bootcamp yang diikuti. Untuk fase Bootcamp sendiri, dibagi menjadi 3 fase, yaitu fase logic(2 minggu), teknologi(2 minggu), dan mini project(2 minggu).
Selama Bootcamp akan dilakukan dua kali evaluasi, yaitu setelah 2 minggu, dan diakhir program.

Fase-fase Bootcamp :

  1. Logic : Pada fase ini, peserta akan dikenalkan dengan dasar-dasar bahasa pemrograman dan IDE yang digunakan. Kenapa dinamakan logic? karena pada fase ini kemampuan logika para peserta akan diasah dengan membuat bangun bangun dan berbagai deret angka dengan mengunakan IDE.
  2. Teknologi : Pada fase ini, peserta akan dilatih pengembangan dengan metode MVC, penggunaan API, dan JQuery.
  3. Mini Project : Pada fase ini peserta akan di briefing tentang mini project apa yang akan dikerjakan, setelah itu peserta diberi waktu dua minggu untuk mengerjakan, dan hasilnya akan dipresentasikan pada minggu terakhir.
Kesan dari saya selama mengikuti program ini, yaitu program ini sangat cocok untuk anda yang kurang berpengalaman dan kurang percaya diri dengan kemampuan programming tapi ingin berkarir dalam dunia pemrograman. Kekurangan dari program ini adalah adanya denda yang cukup besar ketika tidak menyelesaikan kontrak setelah lulus bootcamp(jika lulus bootcamp anda akan diberi kontrak 2 tahun). Untuk masalah gaji, sebaiknya anda tidak mengharapkan gaji yang terlalu ideal, di tahun saat artikel ini dibuat anda bisa memperkirakan gaji anda disekitar 3.500.000 - 6.000.000, besaran gaji tergantung jenis kelas yang anda ikuti, bisa saja dimasa depan gaji bisa melebihi angka itu.

3 comments: