Web Novel dan Perkembangannya

Web Novel, apa itu web novel?
Web novel adalah karya literasi yang tersedia di internet, awalnya, ketika mendengar istilah web novel, netizen akan langsung teringat dengan karya karya literasi yang berasal dari Jepang. Akan tetapi, dalam satu dekade terakhir, seiring dengan tumbuh pesatnya ekonomi China, web novel yang berasal dari negeri China tersebut pun mulai merambah pasar internasional. Dari yang semula hanya didapat beberapa judul saja, kini web novel China yang sudah di translasi ke bahasa Inggris sudah mencapai ratusan judul. Setidaknya terjadi perubahan minat baca yang masif dari web novel Jepang ke web novel China.


Pada tahun 2013, penulis masih ingat ketika sedikit sekali web novel dari China yang sudah di terjemahkan ke bahasa Inggris. Beberapa translator pada waktu itu tidak berorientasi kepada profit, sebagian besar hanya memanfaatkan untuk berbagi dan belajar bahasa Mandarin maupun bahasa Inggris, hingga pada akhirnya, Wuxiaworld dengan sebuah novel Coiling Dragon, menawarkan jadwal rilis yang lebih sering dengan cara donasi sejumlah uang, pada waktu itu mereka menjadwalkan untuk merilis 2-3 chapter gratis per minggu, kemudian menawarkan harga 80 US$ untuk rilis 1 chapter tambahan. Karena terbatasnya novel terjemahan pada waktu itu, bar donasi di situs tersebut hampir tidak pernah kosong. Melihat hal tersebut, penulis sempat tergiur untuk memelajari bahasa mandarin dan ikut bergabung dalam dunia tersebut, walaupun kemudian pada akhirnya menyerah setelah melihat banyaknya jumlah karakter dalam Han zi. XD.

Akan tetapi, dalam beberapa tahun terakhir, Qidian(perusahaan penerbit web novel ternama di China) mulai mengetahui potensi pasar internasional dari beberapa karya karya yang diterbitkan mereka. Melalui Qidian International, Qidian mulai mengambil alih pasar internasional dari translator perseorangan. Sampai saat ini ratusan judul web novel sudah diterjemahkan oleh Qidian ke dalam bahasa Inggris.

Lantas apa sih yang membuat popularitas web novel dari China meningkat drastis?
Salah satu faktor yang paling berbeda antara web novel dari China dengan negara lainnya adalah karakter utama. Apabila dalam web novel Jepang, karater utama digambarkan sebagai orang yang damai, cenderung menyembunyikan kekuatan, dan bertindak heroik bak pahlawan, pada web novel China, karater utama lebih digambarkan sebagai sosok anti-hero, dengan macam tingkahnya, pertarungan yang menegangkan, dan kekejaman dari karakter utama, rupanya mampu memikat perhatian pembaca web novel. Berbeda dengan web novel jepang yang biasanya berkisah tentang "sword and magic", dalam web novel China lebih sering menceritakan tentang "Cultivation and Immortality" dipengaruhi oleh taoisme, mayoritas webnovel berkisah perjalanan tokoh utama menjadi seorang immortal.

Mumpung membahas masalah web novel, penulis ingin sekalian berbagi daftar rekomendasi web novel beserta link dari penulis.
  1. A Step into the Past
  2. Coiling Dragon
  3. Great Demon King
  4. Otherwordly Evil Monarch
  5. Way of the Devil
  6. Pursuing Immortality
  7. White-Robed Chief
  8. The Empress's Gigolo
Selamat membaca !

No comments:

Post a Comment