Resep Nasi Goreng Mudah, Lezat dan Tidak Berminyak


Hai teman-teman, kali ini saya akan membagikan resep nasi goreng yang saya buat setelah beberapa kali trial and error. Sering kali saya membuat nasi goreng, hasilnya kurang memuaskan, selain bumbu yang kurang meresap, nasi goreng pun terlihat sangat berminyak, sekalinya saya coba untuk mengurangi takaran minyak, hasilnya malah kurang maksimal. Setelah mencoba untuk membaca beberapa resep yang ada di internet, pada akhirnya saya bisa membuat nasi goreng yang tidak kalah dengan yang dijual di warung warung. Berikut resep dan cara memasak nasi goreng versi saya,



Bahan :

  1. Kemiri 2 keping
  2. Gula pasir 1 sdt
  3. Garam 1 1/2 sdt
  4. Msg(opsional)
  5. Bawang putih 1 keping(besar), jika bawang putihnya kecil bisa menggunakan 2 atau 3 keping
  6. Bawang merah 3 keping(besar), jika bawang merahnya kecil bisa menggunakan 5 atau 6 keping
  7. Cabai merah 3 buah atau sesuai selera
  8. Cabai rawit hijau/putih 6 buah atau sesuai selera
  9. Kecap asin 2 sdm(opsional)
  10. Kecap manis 1 sdm
  11. Nasi 4 Centong penuh(untuk 2 porsi)
  12. 1 butir telur ayam
  13. Suiran Ayam.
  14. Minyak secukupnya
Cara memasak :
  1. Haluskan kemiri, bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit, tambahkan gula pasir, dan 1 sdt garam(sisa garam akan digunakan pada proses penggorengan).
  2. Panaskan minyak dengan api besar, masukkan telur dan aduk rata(orak arik)
  3. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan sampai terium bau harum
  4. Masukkan nasi beserta suiran ayam dan aduk rata(ingat, saat memasak nasi goreng, gunakan selalu api besar, karena jika menggunakan api kecil, nasi akan terlihat berminyak, dan bumbu kurang meresap)
  5. Tambahkan sisa garam, kecap asin, dan kecap manis. Aduk rata.
  6. Cicipi, jika nasi anda terlalu asin, anda bisa menambahkan kecap manis secukupnya.
Catatan : Fungsi kecap manis disini, selain untuk menambah cita rasa, juga untuk mengatasi rasa asin. Bisa juga memasak nasi goreng tanpa menggunakan kecap manis, akan tetapi anda harus berhati hati ketika menambahkan garam.


Ok, sekian cara memasak nasi goreng versi saya, jika ada yang kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar.

No comments:

Post a Comment